Loktri Pertama, Puskesmas Maja Evaluasi Program Kesehatan dan Perluas Cek Kesehatan Gratis

Loktri Pertama tahun 2025 Bersama Lintas Sektoral di Aula UPTD Puskesmas Maja, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (18/2/25).

LEBAK, HITAM PUTIH – Puskesmas Maja menggelar Loka Karya Triwulan (Loktri) pertama tahun 2025, evaluasi rapot desa untuk Januari 2025 guna meninjau pencapaian berbagai program kesehatan di Kecamatan Maja. Evaluasi ini menyoroti desa-desa yang telah mencapai target (ditandai warna hijau) dan yang masih memerlukan perbaikan (ditandai warna merah).

Beberapa program yang telah mencapai target antara lain penanganan Tuberkulosis (TB), Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), dan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHIV).

Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Maja, Hj. Deminah PS, SKM, S.ST, menjelaskan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di tingkat desa.

“Masih ada desa yang belum mencapai target, tetapi kami terus berupaya agar seluruh wilayah dapat memenuhi standar pelayanan kesehatan yang ditetapkan,” ujar Hj. Deminah setelah Loktri Pertama tahun 2025 Bersama Lintas Sektoral pada Selasa, 18 Februari 2025.

Sosialisasi Program Cek Kesehatan Gratis

Selain evaluasi rapot desa, pertemuan tersebut juga membahas program Cek Kesehatan Gratis (CKG). Program ini memungkinkan masyarakat yang berulang tahun mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis di puskesmas atau rumah sakit.

Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Satu Sehat, chatbot, atau situs web Asik.

“Tujuan utama CKG adalah mendeteksi penyakit lebih awal agar bisa segera ditangani. Dengan begitu, masyarakat bisa hidup lebih sehat,” tambah Hj. Deminah.

Pertemuan tersebut juga melibatkan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, khususnya bagian Pelayanan Kesehatan (Yankes). Mereka membahas optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memastikan layanan kesehatan semakin merata dan mudah diakses oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *