Walikota Serang Instruksikan OPD Segera Serap dan Realisasikan APBD

  • Bagikan
Walikota Serang Intruksikan OPD Segera Serap APBD

HITAM PUTIH – Pemerintah Pusat meminta kepada seluruh kabupaten dan kota yang ada di Indonesia, tak terkecuali Kota Serang untuk fokus melakukan pemulihan ekonomi di wilayahnya. Yakni, dengan memaksimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi Kepala Daerah Seluruh Indonesia melalui zoom meeting bersama Presiden RI Joko Widodo, Rabu (28/4/2021). Walikota Serang Syafrudin mengikuti zoom meeting di Kantor Diskominfo Kota Serang.

Syafrudin mengatakan, Pemerintah Pusat menginstruksikan seluruh Kepala daerah untuk memaksimalkan APBD nya dalam hal pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

“Ini memang instruksi untuk segera memulihkan ekonomi, termasuk juga memberikan bantuan-bantuan kepada UMKM, agar tersalurkan dengan baik. Mulai dari bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah,” katanya usai rakor.

BACA JUGA :  HUT Bhayangkara Ke 75, Polres Serang Kota Giat Donor Darah

Kendati demikian, lanjut Syafrudin, upaya tersebut sedikit terkendala karena Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang macet, sehingga mengakibatkan terkendalanya penggunaan APBD Kota Serang. “Ya kita ini terkendala dengan SIPD yang macet, sehingga pemulihan ekonomi juga kurang bagus,” ujarnya.

Menyikapinya hal tersebut, pihaknya menekan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera menyerap anggaran APBD Kota Serang. “Kami tekankan agar APBD segera diserap, kamudian pemulihan ekonomi juga bisa dilakukan, dan menghidupkan kembali UMKM yang ada di Kota Serang,” terangnya.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, selain pemulihan ekonomi, pemerintah daerah juga diminta untuk memprioritaskan penanganan Covid-19 lantaran penambahan kasus yang masih fluktuatif.

BACA JUGA :  Karang Taruna, CISC dan Perma Kecamatan Curug Bagikan Santunan Yatim Piatu di Pekan Ke 2 Ramadhan

“Di Indonesia kasusnya naik turun, makanya pak Presiden menginstuksikan kepada daerah untuk benar-benar menangani Covid-19 termasuk dengan tetap dilanjutkannya vaksinasi bagi masyarakat maupun para pegawai lainnya,” katanya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk berdiam diri di rumah, dan tidak melakukan mudik jelang Idul Fitri 1442 Hijiriyah atau tahun 2021. “Seluruh masyarakat dilarang untuk mudik, baik itu keluar maupun masuk ke Kota Serang, tapi saya yakin masyarakat Kota Serang akan mematuhi aturan tersebut,” tuturnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *