banner 728x250

Tempat yang Cocok untuk Ternak lovebird

  • Bagikan
Tips Memilih Indukan Lovebird Super Breeder
Tips Memilih Indukan Lovebird Super Breeder

HITAM PUTIH – Burung ini dinamakan lovebird karena menurut peneliti, lovebird hidup secara berdampingan dan saling menyayangi satu sama lain. Bahkan mereka hanya memiliki 1 kekasih sepanjang hidup mereka.

Lovebird secara fisik memang mengagumkan karena warnanya yang cerah dan indah dipandang. Sebagian besar warna dari spesies burung ini adalah hijau terang meski ada beberapa yang berwarna biru maupun abu-abu atau kuning. Warna bulu badan mereka akan selalu berbeda dengan warna bulu kepala. Hal inilah yang membuat lovebird memanjakan mata karena kecerahan dan keindahan warna bulu mereka.

Bagi Anda yang tertarik untuk ternak burung lovebird, mudah saja. Ternak lovebird di tempat ramai dengan modal yang tidak seberapa, keuntungan yang Anda raup akan besar. Karena kemudahan merawat burung ini, cara ternak lovebird pun tidak berbelit atau susah. Dirangkum Hitamputih.co.id berikut adalah beberapa cara ternak lovebird yang mudah bagi pemula dan bisa dilakukan di rumah.

Secara umum, ada 5 hal yang perlu dipersiapkan dalam langkah-langkah beternak lovebird. Lima hal tersebut diantaranya adalah:

  1. Memilih Indukan Jantan dan Betina yang Unggul
  2. Persiapan Kandang dan Sarang Lovebird
  3. Proses Mengawinkan Lovebird
  4. Proses Penanganan Setelah Bertelur dan Menetas
  5. Proses Penanganan Paska Menetas

Jadi setelah tahu 5 hal pokok yang harus dipersiapkan secara matang. Saatnya kita mengupas lebih lanjut tentang apa saja yang perlu dilakukan untuk setiap step di atas. Sebagai catatan, silakan dibaca sampai selesai baru dipraktekkan. Supaya nantinya jelas dan tidak ada bingung atau ada yang terlewatkan.

Tips Memilih Indukan Lovebird Super Breeder

Tempat yang Cocok untuk Ternak lovebird
Tempat yang Cocok untuk Ternak lovebird

Dalam memilih lovebird yang akan diternakkan, sebaiknya kita harus sangat selektif. Tujuannya agar ketika diternakkan, hasil anakan yang dihasilkan nantinya berkualitas bagus, atau minimal sama dengan indukannya. Sebelum memulai step by step cara beternak lovebird yang pertama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memilih indukan untuk ternak lovebird yang berkualitas dan unggul.

Cara Menentukan Indukan Lovebird yang Unggul dan Berkualitas

  • Jelas jantan dan betina nya. Jangan sampai jantan semua atau malah betina semua. (Begini¬†cara membedakan lovebird jantan dan betina¬†yang benar dan 99% akurat).
  • Pastikan indukan memiliki kondisi fisik yang sehat dan juga sempurna.
  • Lovebird yang dijadikan indukan memiliki bobot yang pas, ukuran tubuh yang besar, dan juga memiliki pergerakan yang aktif.
  • Pilih indukan yang bersuara merdu dan ngekek panjang (untuk ternakan yang fokus untuk lomba kicau atau kontes suara).
  • Pilih indukan yang berbulu indah dan berwarna cantik (jika untuk ternakan lovebird yang fokus untuk lomba kecantikan dan kontes keindahan burung).

Pastikan kualifikasi indukan di atas sudah terpenuhi semua. Lakukan pemilahan indukan secara benar dan teliti. Jangan sampai salah dalam memilih indukan terutama sekali dalam memilih jenis kelaminnya.

Persiapan Kandang dan Sarang Lovebird

Cara ternak lovebird pemula yang pertama ialah memersiapkan kandang dengan ukuran agak besar.

Dalam kandang tersebut siapkan pula kandang untuk tempat bertelur lovebird ynag terbuat dari kayu.

Ukurannya 20 cm x 20 cm x 25 cm

Siapkan ranting kecil, serut kayu, dan dedaunan kering di sekitar kandang bertelurnya atau sering disebut pula glodok.

Nantinya lovebird akan menghiasi sarang mereka sendiri.

Kualifikasi Kandang dan Sarang untuk Ternak Lovebird

  • Kandang untuk sepasang indukan dibuat dengan ukuran minimal 50 cm (lebar) x 100 cm (tinggi) x 50 cm (panjang). Jadi untuk jumlah pasangan yang lebih banyak tinggal mengalikan ukurannya saja. Misalkan untuk lima pasang maka ukuran kandangnya 250 cm (lebar) x 500 cm (tinggi) x 250 cm (panjang) dengan diberi sekat-sekat untuk masing-masing pasangan indukan.
  • Pastikan untuk membuat sarang untuk bertelur dan mengerami hingga menetas. Ukuran untuk sarang yang optimal adalah 20 cm (lebar) x 25 cm (tinggi) x 25 cm (panjang). Jangan lupa bagian dalamnya diberi dedaunan kering, rerumputan kering, kayu serut kering, atau kulit kayu kering. Biarkan acak-acakan, sebab nanti lovebird akan membuat sarangnya sendiri.
  • Lovebird yang dijadikan indukan memiliki bobot yang pas, ukuran tubuh yang besar, dan juga memiliki pergerakan yang aktif.
  • Khusus untuk perbandingan indukan jantan 3 dan betina 5, sebaiknya membuat kandang khusus. Kira-kira ukurang yang optimal adalah 150 cm (lebar) x 200 cm (tinggi) x 200 cm (panjang).
  • Kandang lovebird dibuat dari rangka kayu / besi yang diberi kawat ram dan memiliki atap diatasnya. Boleh juga tidak beratap asalkan diletakkan di tempat teduh bercahaya (tidak gelap). Sedangkan sarang dibuat dari bahan kayu tipis atau tripleks.

Itulah tutorial dan apa yang harus disiapkan untuk ternak lovebird, semoga membantu anda para pencinta burung paruh bengkok, Baca juga: Obat dan Vitamin Untuk Burung Yang Sangat Bagus dan Murah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *