Terjadi Hujan Es di Serang Banten, Ini Penjelasan BMKG

  • Bagikan
Hujan Es di Serang Banten, Ini Penjelasan BMKG
Hujan Es di Serang Banten, Ini Penjelasan BMKG

HITAM PUTIH – Sejumlah wilayah di Kabupaten Serang dan Kota Serang, Banten, dilanda fenomena hujan es pada Kamis (15/4/2021) siang. Hujan es terjadi di wilayah Kragilan, Kabupaten Serang. Sementara di Kota Serang, terjadi di wilayah Ciracas dan Walantaka.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten Klas 1 Serang Tarjono megatakan, fenomena hujan es terjadi karena adanya peralihan musim dari penghujan ke kemarau. Hujan dengan intensitas sedang disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi pada bulan April 2021 ini. “Hal ini (hujan es) memang merupakan karakteristik atau ciri khas pada masa peralihan musim,” kata Tarjono kepada media, Kamis.

BACA JUGA :  Walikota Serang: Instruksi Gubernur Banten Ganggu Pemulihan Ekonomi di Kota Serang

Menurut Tarjono, hujan es bahkan angin puting beliung yang terjadi berawal dari terbentuknya awan cumulonimbus (Cb). “Dari awan tersebut berpotensi menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Bisa terjadi angin puting beliung, bahkan yang lebih ekstrem bisa sampai terjadi hujan es,” ujar dia. Tarjono mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, tetapi tidak perlu panik dengan terjadinya fenomena hujan es tersebut. “Update terus informasi prakiraan cuaca, peringatan dini cuaca, dan gelombang tinggi,” kata Tarjono.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *