Contoh Teks Pidato Perpisahan Singkat Padat dan Jelas

  • Bagikan
Contoh Teks Pidato Perpisahan
Contoh Teks Pidato Perpisahan

HITAM PUTIH – Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Perpisahan Kelas 6, Pidato merupakan bentuk kegiatan orasi atau berbicara di depan umum. Pidato biasanya bertujuan untuk memberi informasi atau membujuk pendengarnya.

Teks pidato haruslah disampaikan semenarik mungkin. Maka dari itu, teks pidato haruslah disusun sebaik mungkin dengan menggunakan gaya bahasa yang sesuai.

Menurut Arif Yosodipuro dalam buku Pintar Pidato: Kiat menjadi Orator Hebat (2020), dalam pembuatannya, teks pidato harus disusun secara sistematis dan berurutan. Sehingga nanti pada saat penyampaiannya lebih mudah.

Teks pidato memiliki banyak jenis. Salah satunya pidato perpisahan. Jenis pidato ini sering digunakan saat seseorang atau sekelompok orang akan pergi meninggalkan lembaga atau kelompok tertentu. Contohnya sekolah, perguruan tinggi, dan lain-lain.

Agar lebih mudah mengerti tentang teks pidato perpisahan, mari kita simak dua contoh teks pidato perpisahan kelas 6 SD di bawah ini:

Contoh 1:

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SD Negeri Harapan Satu
Yang saya hormati bapak dan ibu guru
Yang saya hormati para orang tua atau wali murih
Yang saya kasihi teman-teman dan adik kelas semuanya.

BACA JUGA :  Walikota Serang Hadiri Pengukuhan Kepengurusan Katar Tingkat Kecamatan Dan Kelurahan Se Kecamatan CurugĀ 

Puji dan syukur mari kita haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya, kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Saya di sini mewakili seluruh teman-teman kelas 6 SD Negeri Harapan Satu, ingin mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, bapak dan ibu guru serta para orang tua atas kesediaannya untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, saya dan teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang selama kurang lebih enam tahun ini telah mendampingi serta mengajari kami banyak hal. Mulai dari ilmu pelajaran hingga pendidikan berharga lainnya.

Tentu selama kami menempuh pendidikan di SD Negeri Harapan Satu, sering melakukan kesalahan dan membuat bapak ibu guru kecewa. Untuk itu, kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada perbuatan atau tindakan kami yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu guru.

Untuk adik kelas, kami berpesan tetaplah semangat belajar demi mengejar cita-cita yang kalian inginkan. Jangan pernah putus asa dan turutilah pesan bapak ibu guru.

BACA JUGA :  Soal PT Indo Pasific Agung, Komisi I: Jika Ngeyel Ngebangun Tanpa Ijin, Kita Akan Panggil Semua Pihak Terkait

Pada kesempatan ini pula, kami anak-anak kelas 6 SD Negeri Harapan Satu ingin meminta doa restu dari kepala sekolah dan bapak ibu guru, supaya nantinya kami bisa lebih tekun belajar di jenjang pendidikan berikutnya dan akhirnya berhasil menggapai cita-cita kami.

Terakhir, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua kami yang senantiasa mendukung, menyayangi dan mencintai kami. Terima kasih banyak, kami sangat menyayangi kalian.

Demikian yang bisa saya sampaikan dalam acara perpisahan ini. Mohon maaf bila ada salah kata dan sampai jumpa di lain waktu.

Contoh 2:

Selamat pagi saya haturkan kepada Kepala Sekolah SD Biru Langit, bapak dan ibu guru, teman-teman seperjuangan dan adik kelas.

Mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat untuk melaksanakan acara perpisahan.

BACA JUGA :  Pedagang Kecil Terdampak Covid-19 di Lebak Terima Bantuan Beras

Kepala Sekolah SD Biru Langit yang saya hormati, bapak dan ibu guru SD Biru Langit yang saya hormati dan kasihi, teman-teman seperjuangan yang saya kasihi, serta adik-adik kelas yang saya cintai, izinkan saya untuk menyampaikan pesan perpisahan untuk kita semua.

Saya mewakili teman-teman kelas 6 SD Biru Langit, ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru atas pengajarannya selama ini. Terima kasih sudah mengajarkan kami begitu banyak hal. Bila ada salah kata atau perbuatan yang kurang berkenan, bapak ibu guru, kami mohon maaf.

Untuk teman-teman seperjuangan, terima kasih atas kebersamaan kita selama kurang lebih enam tahun ini. Ayo kita lebih semangat lagi dan tekun belajar demi menggapai cita-cita yang diinginkan.

Untuk adik-adik kelas, teruslah tekun belajar, dengarkan nasihat bapak ibu guru, dan jangan pantang menyerah untuk menggapai cita-cita yang kalian inginkan.

Demikian pesan perpisahan yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata dan perbuatan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di kesempatan lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *