iklan=

Latar Belakang Konflik Korea Utara dan Korea Selatan

  • Bagikan
Korea Utara dan Korea Selatan
Moon Jae-in bersama Kim Jong-un

HITAM PUTIH – Penyebab terpecahnya Korea menjadi 2 negara. Perang Korea adalah bencana militer dan diplomatik sejak awal. Perang itu secara teknis adalah perang antara Korea Utara dan Korea Selatan, tetapi perang itu dilatarbelakangi oleh ketegangan Perang Dingin. Setelah pasukan Korea Utara menyerbu Korea Selatan pada Juni 1950, Amerika Serikat (AS) memimpin pasukan PBB untuk membela Korea Selatan, menurut laporan History.com.

Korea Utara dibimbing, dipersenjatai, dan dilatih oleh USSR (Uni Soviet), dan China datang membantu dengan lebih dari dua juta tentara—pertama kali militer China bertempur dalam skala besar di luar China. Sebagai akibatnya, konflik tersebut merupakan perang proxy untuk Perang Dingin.

Rasa dingin itu menandai perang sejak awal. Pasukan dengan cepat mengakar setelah upaya yang gagal untuk mengakhiri perang jauh di dalam Korea Utara. Selama dua tahun, kedua belah pihak berjuang di sekitar paralel ke-38, mencapai kebuntuan total yang diimbangi dengan kebuntuan di meja perundingan antara para pihak, yang tidak bisa sepakat tentang cara menghentikan perang.

Sementara itu, korban dan kematian menumpuk. Hampir 37.000 orang Amerika terbunuh selama perang. Setidaknya satu juta warga sipil Korea Selatan terbunuh, dan 7.000 anggota militer Korsel tewas. Di Korea Utara, 406.000 tentara tewas, dan 600.000 warga sipil tewas. Enam ratus ribu anggota militer China juga tewas dalam perang tersebut, berdasarkan History.com.

Korban tewas mencakup para tawanan perang yang menghadapi siksaan dan kelaparan di Korea Utara. Kondisi sangat sulit dialami warga Korea Selatan yang ditangkap oleh Korea Utara dan China. Dilihat sebagai pembelot dan pengkhianat, mereka diperlakukan dengan kasar.

Meskipun tawanan perang yang ditahan oleh Amerika Serikat juga meninggal, namun mereka lebih mungkin meninggal karena penyakit menular seperti disentri.

Mengapa Korea terbagi menjadi dua?

Kenapa Korea Selatan dan Korea Utara terpisah? Pembagian daratan Semenanjung Korea bermula sejak kekalahan Jepang pada Perang Dunia II di tahun 1945. Dua negara superpower pemenang yaitu Sekutu dan Uni Soviet, membagi kekuasaan atas Semenanjung Korea.

Mengapa Korea Utara dan Korea Selatan bermusuhan?

Terpisahnya Korea Utara dan Korea Selatan berawal saat Perang Dunia II tahun 1945. Saat itu, ada pembagian wilayah di Semenanjung Korea sejak kekalahan Jepang. Dua negara pemenang pada saat itu, Amerika Serikat dan Uni Soviet (Rusia), memecah kekuasaan di wilayah Semenanjung Korea.

Apa penyebab perang saudara antara Korea Selatan dan Korea Utara?

Penyebab terjadinya perang Korea ini didasari oleh dua ideologi yang bebeda yaitu kapitalis bagi Korea Selatan dan komunis bagi Korea Utara. Sehingga menimbulkan pemisahan wilayah yang dibatasi dengan garis paralel 38 derajat pada tahun 1953. Hal ini menimbulkan hubungan politik antar dua negara menjadi kurang membaik.PAGUYUBAN SOLIDERITAS ANTAR SESAMA

Mengapa Korea terbagi menjadi dua?

Pembagian Korea menjadi Korea Utara dan Korea Selatan bermula sejak kemenangan Blok Sekutu di dalam Perang Dunia II, mengakhiri 35 tahun Penjajahan Jepang atas Korea.

Apa Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan?

Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara tidak bisa disatukan. Korea Selatan adalah negara kapitalis dan sekutu Amerika Serikat, sedangkan Korea Utara adalah negara komunis dan sekutu China.

Kenapa Korea Perang Saudara?

Perang itu secara teknis adalah perang antara Korea Utara dan Korea Selatan, tetapi perang itu dilatarbelakangi oleh ketegangan Perang Dingin. Setelah pasukan Korea Utara menyerbu Korea Selatan pada Juni 1950, Amerika Serikat (AS) memimpin pasukan PBB untuk membela Korea Selatan, menurut laporan History.com.

Kenapa orang Korea harus ikut wajib militer?

Semua pria Korea Selatan berbadan sehat usia antara 18 dan 28 tahun harus mengikuti wajib militer sekitar dua tahun sebagai bagian upaya untuk menjaga negara dari Korea Utara.

Bagaimana perebutan pengaruh antara Uni Soviet dan Amerika Serikat pada masa perang dingin di Korea?

Jawaban: Perebutan pengaruh antara uni soviet dan amerika serikat pada masa perang dingin di korea adalah saat satu sisi Amerika Serikat bertujuan untuk “membantu” Korea Selatan untuk tetap menjadi republik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *