PPDB SMAN di Banten Diperpanjang, Catat Waktunya

  • Bagikan
PPDB SMAN di Banten Diperpanjang, Catat Waktunya
PPDB SMAN di Banten Diperpanjang, Catat Waktunya

HITAM PUTIH – Waktu pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Provinsi Banten dilakukan perpanjangan. Hal itu dilakukan seiring dengan adanya tragedi traffic pada hari pertama pendaftaran.

Sehingga, hal itu dinilai mengganggu pelayanan terhadap masyarakat. Maka demi kemaslahatan, waktu pendaftaran empat jalur di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) diperpanjang.

Ada empat poin perbaikan dari hasil rapat Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Banten.

Pertama, pendaftaran PPDB jalur zonasi SMAN diperpanjang sampai 28 Juni 2021 pukul 23:59. Pengumuman jalur zonasi diubah jadi 30 Juni. Daftar ulang jalur zonasi diubah menjadi 8 sampai 9 Juli 2021.

BACA JUGA :  Sejarah Ciruas Serang Banten | Belajar Bahasa Jawa Serang (Jaseng)

Kedua, pendaftaran PPDB SMAN jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua, tanggal 1 sampai 5 juli 2021. Pengumuman tanggal 7 Juli 2021. Daftar ulang 8 sampai 9 Juli 2021.

Ketiga, penyempurnaan sisitem PPDB disesuaikan dengan adanya perubahan jadwal dan penyempurnaan menu sistem atau dashboard.

Keempat, dalam rangka pencegahan Covid-19, penyerahan berkas dapat dilakukan melalui optimalisasi website sekolah.

Ketua Komisi V pada DPRD Banten, M. Nizar mengatakan, penambahan waktu untuk pendaftaran PPDB sebagai jalan tengah permasalahan down server.

“Hari ini kami memanggil Dindik dan Diskominfo terkait down server di hari pertama agar bisa diakses baik oleh masyarakat. Sehingga kami mengambil jalan tengah untuk membela masyarakat, ada penambahan waktu untuk pendaftaran,” katanya saat ditemui usai rapat, Kamis (24/6/2021).

BACA JUGA :  Percepat Penanganan Covid-19, Gubernur Banten Putuskan PSBB Jilid 9

Ia menyebutkan, pendaftaran dilakukan melalui online sesuai mekanisme yang berlaku. Ditambah, untuk menghindari terjadinya kerumunan sehingga tidak ada klaster baru Covid-19.

“Kita harus jalan dengan mekanisme yang berjalan, pendaftaran online dan  pemberkasan melalui tatap muka. Maka data itu bisa di upload oleh masing-masing sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, mekanisme yang telah berjalan dinilai bagus. Hanya saja, dari perencanaan tidak matang, sehingga perlu dievaluasi untuk perbaikan.

Terkuras dua hari ini maka diperpanjang. Bukan karena server, tapi tidak sinkron antara aplikasi dan server. Makanya ini tidak dilakukan simulasi dari awal, itu tidak dilakukan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) SMA Dindikbud Banten, Lukman menuturkan,  perpanjangan waktu pendaftaran dilakukan atas dasar kesepakatan bersama. Draf keputusan nantinya akan diteruskan kepada pimpinan.

BACA JUGA :  Tidak Ada Celah bagi Warga yang Nekat Mudik via Pelabuhan Merak

“Sesuai kesepakatan ada perpanjangan. Kami laporkan ke pimpinan. Ada penambahan waktu. Kalau dari kesepakatan ada, tapi kembali lagi ke pimpinan, tapi insyaallah demi pelayanan masyarakat,” tuturnya.

Pihaknya mengkalim bahwa proses pendaftaran PPDB SMAN berjalan dengan baik. Meskipun sempat terjadi down server.

“Sekarang saya akan memperbaiki keputusan tadi. Kami akan melakukan apa yang dilakukan sesuai hari ini (PPDB online dan offline). Sejauh ini berjalan dengan baik, server sudah bagus,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *