Fokus Kamtibmas, 8 Polsek di Banten Tak Bisa Lakukan Penyidikan

  • Bagikan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

HITAM PUTIH – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan keputusan 1.062 polsek di seluruh Indonesia tidak bisa lagi melakukan penyidikan. Kabag Operasional Polrestabes Semarang AKBP Recky R mengatakan masyarakat yang melapor tetap masih bisa menerima laporan warga.

“Karena bagian dari pelayanan, otomatis masyarakat bisa melapor ke Polsek setempat. Namun, proses lidik dan sidik jika ada tindak pidana diserahkan ke Polrestabes,” kata Recky saat dikonfirmasi, Rabu (31/3).

Sebanyak delapan kepolisian sektor atau Polsek di Banten tidak lagi bisa melakukan penyidikan. Hal itu berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan).

BACA JUGA :  Puluhan Personel Polisi Dilatih Manajemen Jurnalistik

Untuk di bawah naungan Polda Banten, delapan polsek tersebut ada di empat daerah. Pertama yaitu di Serang, untuk Polsek Pontang dan Tirtayasa. Kota Cilegon di Polsek Kawasan Pelabuhan Banten dan Polsek Kawasan Pelabuhan Merak.

Kemudian Lebak di Polsek Sobang, Muncang, dan Leuwidamar. Sedangkan untuk Kabupaten Pandeglang yang tidak bisa melakukan penyidikan adalah Polsek Angsana.

Dikutip dari Detiknews Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi membenarkan ada delapan polsek di bawah wilayah hukum Polda Banten yang sudah tidak bisa melakukan penyidikan. Polsek tersebut fokus pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas). Saat ini aturan tersebut dibahas oleh jajaran di wilayahnya.

“Masih kami bahas polanya. Kedelapan polsek fokus pada pemeliharaan keamanan” kata Edy melalui pesan aplikasi WhatsApp di Serang, Rabu (31/3/2021).

BACA JUGA :  Kasus Aborsi di Tangerang Polisi Kembali Menangkap 2 Tersangka Baru

Kapolres Serang AKBP Mariyono, yang dua polseknya sudah tidak bisa melakukan penyidikan, mengatakan pihaknya fokus pada pemeliharaan kamtibmas dan patroli-patroli keamanan. Anggota di polsek juga akan lebih mengupayakan pembinaan pada masyarakat setempat.

“Sesuai perintah pak Kapolri ada dua yaitu (Polsek) Pontang dan Tirtayasa, itu fokus kegiatannya pemeliharaan kamtibmas dan kegiatan pembinaan masyarakat,” kata Mariyono.

Jadi, nanti jika ada laporan, dua polsek itu akan mengalihkan laporan ke Polres Serang. Jarak antara polsek dengan polres juga tidak jauh dan terjangkau.

“Apabila ada laporan dialihkan ke polres penyidikannya, tidak ada perubahan dan dekat saja cuma satu jam,” kata Mariyono.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *