Polda Banten Ciduk Penyelundup 34.992 Bibit Lobster

  • Bagikan
Polda Banten Ciduk Penyelundup 34.992 Bibit Lobster, Uang Negara Rp3,5 M Terselamatkan
Polda Banten Ciduk Penyelundup 34.992 Bibit Lobster, Uang Negara Rp3,5 M Terselamatkan

HITAM PUTIH – Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Banten berhasil menangkap seorang warga Lebak karena menyelundupkan bibit lobster tanpa izin. Atas ulah tersangka, negara dirugikan hingga Rp3,5 miliar.

Kasus ini berawal dari informasi yang masuk ke polisi terkait aktivitas penyelundupan bibit lobster. Setelah diselidiki, Polda Banten akhirnya menangkap YH (38), seorang warga di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

“Dari pelaku ini kita berhasil mencegah upaya pelaku untuk menyelundupkan benih lobster yang berjumlah 34.992 ekor yang terdiri dari 34.772 ekor benih lobster jenis pasir dan 220 ekor benih lobster jenis mutiara,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusu Polda Banten Kombes Pol Joko Sumarno, Jumat (7/5/2021).

BACA JUGA :  Prostitusi Online di Pulomerak, Kota Cilegon Dibongkar Pihak Kepolisian

Joko menyebut seharusnya tersangka memiliki izin dalam hal penjualan benih lobster. Karena tidak memiliki izin, polisi memiliki kewenangan untuk menangkap tersangka.

“Semestinya yang bersangkutan mendapat lisensi. Apabila melakukan kegiatan ini harus mendapat izin dari kementrian dan sebagainya,” beber Joko.

Atas ulang tersangka, negara dirugikan hingga Rp3,5 miliar. Tersangka pun dijerat dengan Pasal 88 junto Pasal 16 ayat (1) UU RI nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan dan Pasal 92 junto Pasal 26 ayat (1) UU RI nomor 31 tahun 2004.

“Tersangka diancam hukuman penjara paling lama delapan tahun dan denda paling banyak Rp.1,5 juta,” pungkas Joko.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *