Perawatan Bulu Ayam Aduan Supaya Tidak Mudah Patah

  • Bagikan
Ayam Aduan
Ayam Aduan

HITAMPUTIH.CO.ID – Salah satu penyebab sayap ayam patah bisa jadi karena kandang yang terlalu sempit sehingga ayam mengepakkan sayap mengenai bagian kandang atau bisa juga disebabkan kecelakaan saat latihan abar misalnya. Untuk itu kali ini hitam putih akan berbagi penyebab sayap ayam yang mudah patah getas alias rapuh, cara mengatasinya.

Cara Merawat Bulu Ayam Laga Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Patah

Cara merawat bulu ayam cukup mudah karena anda bisa melakukannya dirumah saat jam santai. Banyak orang yang kadang mencoba menjaga bulu ayamnya justru salah dan bulu ayam menjadi kusam dan mudah patah. Kali ini admin akan menjelaskan merawat bulu ayam aduan yang benar agar ayam anda memiliki bulu yang mulus juga kuat.

BACA JUGA :  Kelebihan dan kekurangan Ayam Bangkok Putih

Mandikan Setiap Pagi Hari

Membuat bulu ayam bangkok agar tetap mengkilap dan tidak mudah patah bisa dengan memandikan ayam bangkok kemudian menjemur nya pada matahari pagi yang akan membuat ayam bangkok lebih sehat dan segar. Namun pada saat memandikan ayam bangkok jangan terlalu sering menggunakan shampo karena dapat merusak warna serta minyak alami yang terdapat di bulu ayam bangkok. Dalam menggunakan shampo sebaiknya sebulan sekali saja bertujuan untuk membersihkan bulu ayam bangkok dari kutu.

Jemur Ayam Setiap Pagi

Hindari menjemur ayam bangkok dengan berlebihan. Menjemur ayam bangkok yang terlalu lama juga akan menyebabkan bulu ayam bangkok kesayangan menjadi kusam. Sebaik nya menjemur ayam bangkok cukup 1-2 jam per hari

BACA JUGA :  Cara Mengusir Nyamuk di Kandang Ayam

Beri Minyak Ikan

Pemberian minyak ikan sebaiknya di lakukan seminggu sekali saja dan jangan terlalu sering di berikan untuk ayam bangkok. Apabila ayam bangkok terlalu banyak di berikan minyak ikan akan membuat bulu ayam bangkok cepat tumbuh jika ayam bangkok sedang mengalami bulu rontok atau mabung.

Berikan Pakan Jagung Ketika Ayam Mabung

Pada saat ayam bangkok sedang mengalami bulu rontok atau mabung sebaiknya di berikan jagung karena jagung memiliki nutrisi yang dapat membantu mempercepat proses perontokan dan penumbuhan bulu ayam bangkok. Periksa kondisi bulu ayam bangkok apabila terdapat bulu yang patah sebaiknya di cabut saja dan dalam proses pencabutan bulu yang patah harus di lakukan dengan hati hati.

BACA JUGA :  Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Berak Hijau | Perawatan Unggas

Kandang Yang Pas

Banyak orang yang beranggapan kalau mengurung ayam jago di kandang yang besar cukup bagus. Tapi kalau orang yang mengerti tentang ayam maka dia akan mengurung ayam nya ddi kandang yang tidak terlalu besar agar ayam tidak lompat, mengepakan sayap atau bulu ayam akan bergesekan dengan kandang sehingga bulu menjadi semrawut dan kusam.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *