Inilah Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh

  • Bagikan
gatal
gatal

Merek Obat alergi gatal di apotik sangatlah beragam, kenali apakah anda punya alergi dengan dingin atau karena makanan, untuk jenis obat yang manjur ada berupa oles san tablet, berikut hitamputih.co.id ulas cara mmengobati gatal dengan obat di apotik.

Kenapa gatal-gatal tak kunjung sembuh?

Kulit gatal yang tidak kunjung sembuh atau menetap dalam waktu lama bisa disebabkan oleh gangguan saraf. Beberapa jenis penyakit saraf yang bisa menyebabkan gatal-gatal adalah neurodermatitis, herpes zoster, multiple sclerosis, dan neuropati.

Makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat gatal gatal?

Belum ada penelitian medis yang membahas pantangan untuk kudis, seperti makanan yang harus dihindari pasien kudis. Namun bila Anda sudah memiliki kudis, ada beberapa pantangan yang perlu Anda patuhi guna mencegah infeksinya semakin parah.

1. Hindari makanan pemicu reaksi alergi

Makanan memang bukan penyebab dari penyakit kudis. Maka, Anda sebenarnya bisa mengonsumsi makanan apa saja, selama itu tidak menimbulkan reaksi alergi. Umumnya, reaksi alergi akan menyebabkan rasa gatal parah pada kulit yang mengalami kudis. Untuk itu, mungkin Anda perlu menghindari beberapa makanan pemicu alergi umum yang bisa meningkatkan gejala gatal kudis, antara lain:

  • Susu dan produk susu seperti keju dan mentega
  • Kacang-kacangan
  • Telur
  • Makanan laut seperti kerang, udang, ikan dan lainnya
  • Makanan tinggi gula
  • Makanan berlemak

2. Hindari makanan yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh

Risiko kudis akan meningkat bila sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Sistem Sistem kekebalan tubuh Anda bertanggung jawab untuk mempertahankan tubuh dari organisme patogen, termasuk tungau kudis.

Ketika tubuh mengenali adanya bahaya, sistem kekebalan tubuh akan merespon dengan melepaskan sel darah putih dan senyawa kimia lainnya ke dalam darah untuk melindungi sel dan jaringan tubuh yang terancam.

Hindari konsumsi makanan yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda seperti makanan yang kaya akan lemak jenuh, termasuk konsumsi terlalu banyak garam dan gula.

BACA JUGA :  Cara Berhenti Merokok Tiba-tiba Secara Permanen, Cepat, dan Mudah

Untuk mempertahankan fungsi kekebalan tubuh ini, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang bergizi. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dan E.

3. Hindari menggaruk kulit yang gatal

Menggaruk bagian tubuh yang gatal pastinya akan memberi kepuasan saat gatal menyerang. Namun, dengan menggaruknya akan menimbulkan masalah baru, yakni kulit bisa iritasi.

Menggaruk bagian tubuh yang gatal hanya menjadi “obat” sementara, dan tidak membantu proses penyembuhan sama sekali. Justru menggaruk akan membuat goresan baru di kulit yang akan tambah bikin gatal.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggaruk kulit. Goresan-goresan yang muncul saat Anda menggaruk bisa membuka celah untuk bakteri masuk, infeksi pun terjadi. Masuknya bakteri baru pada kulit ini menjadi cikal bakal komplikasi gatal yang bisa semakin parah.

4. Selalu mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter

Kudis dapat diobati dengan krim atau losion khusus yang diberikan dokter. Produk pengobatan tersebut mengandung permethrin atau kandungan lainnya. Pada kasus yang parah, dokter juga dapat memberikan pil.

Beberapa obat kudis tidak aman untuk anak-anak, lansia, serta wanita yang sedang hamil atau menyusui. Untuk mencegah efek samping yang berbahaya, pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter dengan benar.

Obat gatal-gatal seluruh badan di apotik

1. Alleron

Alleron adalah satu obat gatal paling ampuh. Obat ini berfungsi untuk meredakan gatal yang diakibatkan oleh gigitan serangga maupun alergi.

Alleron tergolong obat antihistamin yang berfungsi menghambat histamin, pemicu reaksi alergi.

Obat alergi dalam bentuk tablet ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Pastikan ikuti dosisnya sesuai yang disarankan ya!

Rentang Harga: Rp 8.000 – Rp 27.000

BACA JUGA :  Mengenal Vaksin Covid-19, Efek Samping dan Manfaatnya

2. Mesol

Bagi penderita gangguan kulit seperti dermatitis dan psoriasis, bisa coba obat gatal mesol.

Obat apotik ini termasuk ke dalam golongan kortikosteroid sehingga ampuh meredakan reaksi alergi. Jangan digunakan pada gatal kulit akibat infeksi atau luka ya.

Untuk dewasa, konsumsi tablet 4-48 mg per hari. Sedangkan untuk anak di bawah 12 tahun, konsumsi 0,8 – 1,5 mg/ kg berat badan per hari, dan tidak boleh melebihi 80 mg per hari.

Karena mesol merupakan obat keras, harus digunakan sesuai petunjuk dokter.

Rentang Harga: Rp 4.500 – Rp 155.000

3. Caladine Cream

Obat caladine mengandung calamine yang cocok untuk mengobati gatal-gatal akibat alergi ringan. Caladine juga sering digunakan untuk kulit gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga dan biang keringat.

Obat alergi gatal ini mudah dibeli di apotik tanpa resep dokter. Karena terbuat dari bahan-bahan yang cenderung lebih aman, obat alergi ini bisa digunakan pada bayi, anak, dan orang dewasa.

Caladine paling populer digunakan dalam bentuk salep atau cream, tapi bisa dibeli dalam bentuk lotion atau bedak juga.

Rentang Harga: Rp 7.000 – Rp 15.000

4. Lameson

Lameson merupakan obat alergi gatal apotek yang jatuh ke dalam kategori kortikosteroid.

Obat ini sering digunakan untuk peradangan, kemerahan, dan kekeringan pada kulit. Bahkan terkadang dipakai sebagai obat sariawan pada mulut.

Obat gatal ini bisa dikonsumsi oleh dewasa dan anak. Namun, harus digunakan sesuai resep dokter karena bisa menimbulkan efek samping.

Lameson tersedia dalam bentuk tablet 4 mg, 8 mg, dan 16 mg sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Rentang Harga: Rp 2.500 – Rp 340.000

5. Kenacort-A Cream

Kenacort-A ini merupakan obat gatal kortikosteroid dalam bentuk topikal atau cream sehingga mudah digunakan.

Untuk menghilangkan gatal pada kulit, oleskan obat 2 – 3 kali per hari di area yang sakit dan gosok dengan lembut.

BACA JUGA :  Sambut Peringatan HLUN, Pemkot Serang Gelar Gebyar Vaksinasi Lansia

Untuk mencegah timbulnya komplikasi, obat gatal apotek ini harus dibeli dengan resep dokter.

Rentang Harga: Rp 85.000 – Rp 167.000

6. Xyzal

Kandungan zat afktif Levocetirizine dihydrochloride kerap digunakan sebagai obat anti alergi.

Biasanya Xyzal dianjurkan untuk penderita alergi rhinitis akibat pergantian musim, alergen (debu, bulu hewan dan lainnya), atau bahkan gatal yang tidak diketahui penyebabnya.

Obat apotek ini bersifat keras dan perlu digunakan sesuai resep dokter untuk pencegahan komplikasi. Xyzal hanya boleh digunakan oleh dewasa dan anak diatas 12 tahun, dengan dosis maksimum 5mg per hari.

Rentang Harga: Rp 5.000 – Rp 95.000

7. Claritin

Claritin merupakan salah satu obat gatal alergi yang ampuh.

Obat golongan antihistamin ini dapat mengobati gejala rhinitis alergi seperti hidung tersumbat, pilek, bersin terus-menerus, atau gatal di bagian hidung.

Kamu bisa mengonsumsi satu tablet per hari untuk meredakan gejala. Obat gatal ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Rentang Harga: Rp 5.000 – Rp 186.900


Obat Gatal Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah, Aman dan Ampuh, Obat gatal alami bisa dijadikan alternatif ketika obat dari apotek habis. Obat ini aman digunakan dan mudah sekali ditemukan di rumah. Mulai dari minyak kelapa, pappermint, daun kemangi, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan ini bisa diandalkan sebagai obat gatal alami karena sifat antiradang, antijamur, antimikroba, antialergi, dan antiinflamasinya. Mampu meredakan gatal karena ruam, biduran, panu, alergi, dan masih banyak lagi.

Namun sebelum menggunakan obat gatal alami, pastikan kulitnya cocok. Lakukan percobaan beberapa saat untuk memastikan bahwa kulit tidak sensitif dengan bahan tersebut. Jangan sampai kulit menjadi semakin mengalami ruam yang parah dan iritasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *