MOI Se Banten Gelar Kemah Jurnalis, Memerangi Hoax dan Edukasi

  • Bagikan
Kemah Jurnalis MOI Se Provinsi Banten
Kemah Jurnalis MOI Se Provinsi Banten

HITAM PUTIH – Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) Se- Provinsi Banten menggelar kegiatan Kemah Jurnalis, di Bumi Perkemahan Taman Mahoni Bangun Sentosa (MBS) Kota Serang, Sabtu (19/6/2021), dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Kemah jurnalis bertemakan “Satu Tujuan Bersama Memerangi Hoax, Menuju Provinsi Banten Damai dan Bermartabat” tersebut dilaksanakan selama 2 hari, 19-20 Juni 2021 diikuti oleh perwakilan peserta dari Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

Hadir pada kegiatan ini, Sekdis Kominfo Kota Serang, TB. Kurniawan, Perwakilan Polda Banten oleh AKBP. Maryadi, Komandan Korem 064/MY Serang Yang diwakili Kapenrem Mayor Inf. Ade Hermansyah dengan membacakan sambutan Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A

Dalam sambutannya Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E.,M.B.A yang dibacakan oleh Kapenrem 064/MY mengucapkan terima kasih kepada Perkumpulan MOI atas undangan dan terlaksananya acara ini, melalui kegiatan seperti ini dapat saling bertatap muka, bersilaturahmi. Sehingga akan lebih memperkuat kebersamaan serta rasa ikatan tali persaudaraan dengan harapan tercipta suasana kekeluargaan yang harmonis.

BACA JUGA :  Terima Kunjungan Pengurus MOI Banten, Gubernur WH: Semoga MOI Menjadi Mitra Strategis Masyarakat

“Melalui kegiatan ini, kami berharap agar seluruh peserta baik itu jurnalis khususnya di Provinsi Banten menjadi pelopor untuk mengedukasi publik dalam menjaga serta menangkal berita- berita Hoax,” pintanya.

Kapolda Banten juga yang diwakili AKBP Maryadi berpesan kepada awak media khususnya yang tergabung di Media Online Indonesia (MOI) untuk memerangi berita hoax.

“Karena akhir-akhir ini banyaknya terjadi gesekan-gesekan yang ditimbulkan atas pemberitaan dari informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya yang menimbulkan kekisruhan dikalangan masyarakat,” tuturnya.

Ketua MOI Provinsi Banten Moh Gustiawan Rengga mengatakan, Jurnalis punya peran penting untuk menangkal berita-berita bohong atau Hoax. Fenomena berita hoax semakin rawan. Terutama saat momen Pilkades, Pemilu, termasuk Pilkada.

BACA JUGA :  Respon Cepat, Polsek Cipocok Jaya Tangani Kasus Penemuan Anak, Berikut Ciri Cirinya

“Berita-berita Hoax rawan ditemui dalam suasana-suasana politik. Jurnalis memiliki peran penting untuk meluruskan berita-berita bohong itu,” ujar Rengga yang menjadi pembicara dalam acara pembukaan Kemah Jurnalis Media Online Indonesia (MOI) Provinsi Banten.

Peran tersebut, ujar Rengga, dapat dilakukan dengan cara memverifikasi berita Hoax. Verifikasi disampaikan melalui berita yang sesuai dengan fakta sebenarnya.

“Cara melawan penyebaran berita hoax adalah dengan konten berita berisi fakta. Narasi dilawan dengan narasi,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPC MOI Kabupaten Tangerang, Muslim menambahkan, seorang Jurnalis diajarkan memiliki kedisiplinan terkait validasi data untuk pemuatan berita. Proses kerja jurnalis juga harus sesuai dengan kode etik Jurnalistik.

“Rekan-rekan Jurnalis saat ini juga dapat membekali diri dengan pengetahuan dan wawasan sehingga dapat menangkal berita bohong yang ada. Dan yang perlu diingat, jurnalis bekerja untuk publik untuk mengedukasi berita yang sesuai fakta,” jelasnya.

BACA JUGA :  Takbir Keliling Ditiadakan, Kapolda Banten Ajak Masyarakat Gelar Takbir di Masjid dengan Prokes

Muslim berharap melalui Pelatihan Kemah Jurnalistik di MBS Serang ini, para peserta yang terdiri dari berbagai media yang tergabung di Media Online Indonesia (MOI) dapat mengaplikasikan ilmu dan wawasan yang didapatkan agar bisa mengedukasi publik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *