judul gambar

Mengenal Alat Musik Tradisional Banten, Angklung Buhun Baduy

  • Bagikan
Angklung Buhun Baduy
Angklung Buhun Baduy

HITAM PUTIH, LEBAK – Banten merupakan bagian dari kerajaan tarumanegara, Banten sebuah provinsi yang letaknya diujung bagian barat pulau Jawa. Zaman dulu Banten merupakan bagian dari provinsi Jawa barat yang akhirnya menjadi wilayah pemekaran pada taun 2000.

Tak heran lagi banten Juga sudah terkenal dengan beberapa jenis alat musik tradisional yang dari dulu sampai saat ini masih sering juga dimainkan oleh masyarakat di Banten dan sekitaran Banten.

Salah satunya alat musik Angklung Buhun. Angklung Buhun adalah seni musik yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat Baduy.

Menurut sejarah nya, angklung Buhun ini berasal dari kab.lebak dan dari namanya menunjukkan bahwa angklung Buhun memiliki sejarah yang cukup panjang. Dan memiliki arti yaitu angklung buhun (angklung tua).

BACA JUGA :  Kini, Monumen Maung Polda Banten Lebih Putih Cerah

Alat tradisional ini biasa disebut angklungnya suku baduy. bagi Masyarakat suku Baduy, kesenian ini merupakan salah satu kesenian yang dianggap sakral dan memiliki nilai nilai tertentu yang biasa ditampilkan diacara tertentu saja, atau saat menanam padi.

Biasanya cara memainkan angklung ini cukup mirip dengan angklung lain pada umumnya, cuman yang membedakan tampilannya dan pernak pernik pada bagian atas Angklung dihiasi dengan batang padi atau daun panjang yang diikat.

Tak hanya itu dalam pemain angklung ini juga diharuskan laki laki yang memang mengerti dan seorang seniman Buhun.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *