Melalui Bapelitbangda, Pemkab Lebak Ajak Generasi Muda Berperan Aktif Dalam Mewujudkan Geopark Bayah Dome Jadi Geopark Nasional

  • Bagikan
Melalui Bapelitbangda, Pemkab Lebak Ajak Generasi Muda Berperan Aktif Dalam Mewujudkan Geopark Bayah Dome Jadi Geopark Nasional
Melalui Bapelitbangda, Pemkab Lebak Ajak Generasi Muda Berperan Aktif Dalam Mewujudkan Geopark Bayah Dome Jadi Geopark Nasional

HITAM PUTIH – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak menggelar Virtual Meeting dengan tema “Peran Generasi Muda Dalam Mewujudkan Geopark Bayah Dome Sebagai Jalan Baru Ekonomi Inklusif Yang Berkelanjutan”.

Kegiatan diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari unsur pelajar tingkat SMA/sederajat, Mahasiswa, serta beberapa organisasi pemuda yang ada di Kabupaten Lebak baik melalui platform zoom meeting maupun live di aplikasi YouTube.

Kegiatan dilakukan sebagai upaya Pemkab Lebak untuk mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih berperan aktif dalam mewujudkan Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional sekaligus menjadi bagian terpenting dalam mewujudkan Geopark Bayah Dome menjadi jalan baru ekonomi inklusif yang berkelanjutan.

BACA JUGA :  Anggota Pansus RTRW Minta Tinjau Ulang Pasal 40 Terkait Peternakan

“Dalam penyelenggaraan pembangunan Geopark Bayah Dome sangat diperlukan peran pemuda dalam hal pengawasan dan kontrol sosial kebijakan dari Pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya pada virtual meeting forum diskusi terkait Geopark Bayah Dome, Kamis (15/04/2021).

Hal ini, jelas Itu, dikarenakan pemuda memiliki idealisme yang tinggi serta kemampuan yang masih stabil dibandingkan dengan masyarakat usia non produktif.

“Untuk itu dalam kesempatan ini, saya mengajak pemuda mari berpartisipasi dan berperan lebih dalam pengembangan Geopark Bayah Dome kedepannya, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban kepada masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan diisi dengan beberapa narasumber salah satunya Prof Mega Fatimah Rosana Assessor UNESCO Global Geopark yang juga selaku Dekan Fakultas Teknik Geologi UNPAD.

BACA JUGA :  Diduga Lecehkan Profesi Wartawan, Puluhan Wartawan Laporkan Akun FB Romeo Angelo

Dalam paparannya Mega menjelaskan dengan singkat terkait Geopark Bayah Dome serta beberapa misi Geopark tersebut, diantaranya melestarikan keragaman geologi, budaya, dan hayati melalui upaya konservasi untuk menjaga keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan, mengembangkan pendidikan, penelitian, dan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat dalam memuliakan warisan bumi, serta membangun perekonomian masyarakat yang berkelanjutan berbasis pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Peran yang anda bisa ambil sebagai para pemuda untuk bisa turut terlibat bersama-sama untuk menjaga kelestarian geologi, budaya dan juga hayati seperti, turut serta dalam berbagai aktifitas Konservasi Keragaman Geologi, Keanekaragaman Hayati, dan Keragaman Budaya,” urainya.

Lanjut Mega, kemudian terlibat langsung dalam program Pengembangan Perekonomian masyarakat secara berkelanjutan melalui penciptaan karya-karya yang kreatif dan inovatif berbasis potensi lokal, serta turut menjaga dan memelihara fasilitas Sarana dan Prasarana Pendukung yang tersedia di kawasan geopark.

BACA JUGA :  Peringati Mayday, Buruh di Banten Gelar Aksi Sosial dengan Prokes Ketat, Kapolda Beri Ucapan Terimakasih¬†

“Para pemuda juga diminta untuk aktif berperan dalam pengembangan, pendidikan, penelitian, dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap bumi dan kebudayaan lokal,” pungkasnya. (hms/bud)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *