judul gambar

Mau Beli Mobil Bekas Taksi? Simak Kekurangan dan Kelebihannya

  • Bagikan
Beli Mobil Bekas Taksi
Beli Mobil Bekas Taksi

HITAM PUTIH – Pengalaman beli mobil bekas taksi, Meski sudah terjadi dan dilakukan bertahun tahun di dunia bisnis otomotif mobil, namun belakangan ini membeli mobil bekas taksi kembali naik menjadi fenomena tersendiri di kalangan pecinta mobil. Daya tariknya adalah harganya yang lebih murah dibandingkan mobil bekas (mobkas) setara dengan produksi tahun yang kurang lebih sama yaitu di bawah 10 tahun.

Sebelum memutuskan beli atau tidak, gada salahnya bersama sama kita ketahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan membeli mobil bekas taksi.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Limo Bekas Taksi

Artikel ini ditujukan lebih kepada calon pembeli pemakai, bukan pedagang yang pastinya sudah jauh lebih paham dengan pengalamannya masing masing

KELEBIHAN MEMBELI MOBIL BEKAS TAKSI

Jika kita mau menyisihkan waktu untuk hunting alias berburu, maka unit dalam kondisi fresh atau segar bisa didapatkan dengan harga relatif murah. Di pasar ini cukup banyak mobil bekas armada Taksi yang bisa dijadikan target pembelian, namun bisa dibuat mengerucut mempertimbangkan hal hal sbb:

  • Kilometer relatif rendah untuk sebuah mobil taksi
  • Unit cenderung segar akibat jarang digunakan
  • Harga relatif murah untuk tahun pembuatannya yang di bawah usia 10 tahun
  • Spare parts cenderung mudah didapatkan karena unit setipe dengan model lain non Taksi

Sementara untuk merek dan modelnya yang bisa dijadikan acuan antara lain

  • Toyota Limo (Vios versi Fit)
  • Toyota Etios Liva (Etios versi sedan)
  • Honda Mobilio
  • Wuling Formo
BACA JUGA :  Mencuci Mobil atau Motor dengan Sunlight Amankah? Simak Disini

Tapi yang sedang fenomenal belakangan ini adalah Toyota Etios Liva. Etios Liva naik daun selain karena youtuber mas Wahid dan Ridwan Hanif membahasnya, juga ada kelebihan yang mungkin tidak dimiliki model lainnya yaitu, harga murah, kilometer rendah dan unit segar.

Kilometer rendah yang terjadi pada Etios Liva konon karena “tidak laku dipilih” oleh konsumen. Misal di bandara, di mall, saat berjejer, konsumen lebih memilih model lain di luar Etios Liva. Akibatnya driver tidak mencapai target, minta ganti unit, dan jadilah mobil itu ngajogrok di kebon.

CARA MEMILIH MOBIL BEKAS TAKSI

Untuk mendapatkan unit yang masuk kategori “terpercaya” ada beberapa tips yang bisa digunakan seperti berikut ini:

  1. Unit bekas armada Taxi dengan nama baik, misal yang paling terkenal ya Blue Bird, juga ada Express Taksi. Keduanya memiliki sejarah perawatan yang sangat baik terhadap unit armadanya. Sehingga meskipun kilometer tinggi namun unitnya biasanya terawat.
  2. Sama dengan mobkas non taksi, teliti bodi, kelurusan sasis, mesin aman dari kebocoran termasuk radiator, kaki kaki, fungsi fungsi pendukung lain, wiper washer, lampu lampu.
  3. Menggunakan jasa broker di pasar ini seperti Dekareset atau bahkan mas Wahid sendiri. Dua nama tersebut sudah berpengalaman dan memiliki reputasi baik di pasar ini.
  4. Pun demikian, benefit paling besar dari kelebihan membeli mobil bekas taksi adalah HARGANYA yang miring. Dengan mempersiapkan dana sekitar 45-60 juta (termasuk biaya restorasi & balik nama) sudah bisa dapat mobil bekas tahun relatif muda 2012-2014 dan tinggal gasss..
BACA JUGA :  Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Nissan Leaf

KEKURANGAN MEMBELI MOBIL BEKAS TAKSI

Setelah mengetahui kelebihannya, bagaimana dengan kekurangannya kang? Apa kendalanya? minusnya dimana? Baiklah kita menuju ke pembahasan kekurangan memilih atau membeli mobil bekas taksi yes.

Pada dasarnya mirip sih dengan berburu mobil bekas pada umumnya, hanya terdapat sedikit perbedaan saja.

  • Takes time alias ngabisin waktu; jika keputusan mencari sendiri tidak menggunakan  jasa broker untuk menghemat pengeluaran misalnya. Tentunya harus menyisihkan waktu, mencari info terkait mobil bekas taksi yang dijual serta menyisir pool pool taksi yang didapatkan.
  • Dapat unit zonk, membeli karena tertarik kilometer rendah tapi tidak sejalan dengan kondisi interior dan pedal pedal yang sudah aus karena pemakaian.
  • Kilometer pada odometer hasil reset
  • Jarang mendapatkan unit fresh, namanya gak dipakai (kasus Etios Liva), biasanya armada hanya menyimpan unit unit secara asal, ban kempes, bodi kotor/kusam, ada karat, interor bau apek adalah hal yang biasanya wajar ditemui.
  • Pilihan terbatas, ya wajar namanya juga nyari bekas Taksi, jangan misuh misuh kalau pilihannya gak banyak hehehe.
  • Unit standar blas, tanpa power window, tanpa electric mirror, tanpa head unit. Kalau Power steering dan AC sih pasti ada.
  • Biaya restorasi kadang diluar bujet.. Ini terjadi kalau salah perhitungan di awal sih.
  • Akan muncul biaya tambahan seperti biaya balik nama.
  • Spare parts jatuhnya bisa lebih mahal karena menggunakan parts produk yang secara kelas berada di atasnya.
  • Biaya “kenyamanan” bisa membengkak, membuat harganya jadi setara dengan mobil bekas non taksi dengan fitur lengkap. Ini dengan catatan pembeli ternyata ingin pasang ini itu yes..
  • Bisa mendapatkan mobil bekas yang lebih baik (merek, model/ varian) dengan rentang harga yang sama meski tahun biasanya agak tuaan, tapi kembali ke poin 1, takes time.
BACA JUGA :  HUT RI ke-76, Gubernur Banten Terima Mobil Listrik Karya Siswa SMKN 4 Pandeglang

Sepertinya sudah semua tertuang ya, seperti yang hitamputih.co.id sebut di awal, jika ada tambahan atau koreksi silakan sharing di kolom komentar.

Kesimpulannya adalah, harus benar benar dipikir baik baik sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas Taksi.

Jika lads demen pasang aksesoris atau modifikasi ringan, gada salahnya masukkan ke dalam bujet, jika jatuhnya harga jadi sama dengan membeli mobkas non taksi, ya mending beli itu sekalian kan?

Selain itu, di luar pedagang atau modifikator, mobil bekas taksi diincar oleh konsumen pemakai yang benar benar ingin memiliki mobil dengan low budget yang bertujuan

“pokoknya punya mobil” agar pergi dengan keluarga jauh lebih aman dan nyaman ketimbang menggunakan roda dua.. Semoga bermanfaat.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *