Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Jika Digunakan Setiap Hari

  • Bagikan
Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah
Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

HITAM PUTIH – Aloevera atau lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Manfaat lidah buaya untuk wajah pun sangat beragam.

Menurut cosmetic chemist Ginger King, lidah buaya sering digunakan sebagai ramuan obat yang bisa menyehatkan tubuh dari dalam, kaya nutrisi, membantu meningkatkan pencernaan, dan bahkan meningkatkan kekebalan. “Lalu gelnya bisa digunakan untuk mempercantik kulit, terutama wajah ,” ujar King seperti laman Allure.com.

Apabila memiliki tanaman lidah buaya di rumah, King menyarankan untuk memilih daun atau batangnya yang lebih gemuk dan potong dari pangkalnya. Bisa juga menarik daun dari bawahnya. Hati-hati karena tanaman ini berduri.

“Lidah buaya dapat Anda ekstraksi sendiri. Gunakan pisau tajam untuk mengiris duri dari tepi tiap daun. Kemudian potong batang menjadi dua dan biarkan gel menghadap ke atas,” ujar King.

Selanjutnya, gunakan sendok untuk mengikis gel ke dalam wadah. Setelah semua gel diekstraksi, langsung didinginkan.

Manfaat lidah buaya untuk wajah salah satunya, menurut King, adalah mendinginkan dan antiinflamasi. Ini adalah salah satu solusi paling alami untuk kulit yang terbakar sinar matahari.

Mengoleskan gel lidah buaya memberikan lapisan pelindung untuk kulit dan membantu mempertahankan kelembapan. “Lidah buaya kaya antioksidan dan mineral yang meningkatkan proses penyembuhan,” ujar King.

Lidah buaya juga kaya akan asam salisilat yang bagus untuk kulit berjerawat. King menjelaskan, jerawat biasanya disebabkan karena penyumbatan pori-pori atau kulit berminyak. Gel lidah buaya bertindak sebagai exfoliator yang bagus dan membuka sumbat semua pori-pori, mengurangi tampilan jerawat pada kulit.

BACA JUGA :  10 Serum yang Bikin Glowing dan Putih

Selain itu, menurut King, lidah buaya juga melawan penuaan kulit. Menurutnya, gel lidah buaya mengandung vitamin C dan E, beta-karoten yang melimpah. Maka dari itu, gel lidah buaya memiliki sifat antipenuaan. Tanaman ini juga mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

“Manfaat lainnya juga membantu menghilangkan noda kulit, mengurangi garis usia, membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit,” tuturnya.

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Dirangkum dari Hitamputih.co.id, berikut 8 manfaat lidah buaya untuk wajah:

1. Menenangkan kulit tersengat sinar matahari

Lidah buaya mengandung senyawa yang disebut polisakarida yang mendorong perbaikan kulit dan pembentukan sel-sel kulit baru.

Lidah buaya juga mengandung pereda nyeri yang disebut karboksipeptidase, itulah sebabnya lidah buaya bisa menenangkan kulit yang tersengat sinar matahari.

2. Meredakan peradangan kulit

Lidah buaya mengandung senyawa acemannan, yang menekan peradangan kulit.

Namun, pastikan untuk melakukan uji tempel sebelum menempelkan lidah buaya pada kulit yang meradang, karena lidah buaya dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi pada beberapa orang.

3. Melembapkan kulit

Kandungan lidah buaya sebagian besar terdiri dari air yang membantu melembabkan kulit tanpa rasa berminyak. Hal tersebut membantu mengunci kelembapan ke dalam kulit yang dapat menghaluskan dan melembutkan kulit.

4. Membantu melawan jerawat 

Kandungan gel dalam lidah buaya memiliki kemampuan antibakteri dan mengandung asam salisilatAsam salisilat merupakan exfoliant yang membantu membuka pori-pori, sehingga sangat membantu mengatasi jerawat dan komedo.

BACA JUGA :  Cara Membuat Abu Merang Mudah Pasti Berhasil Bagus

Selain itu, senyawa tersebut juga bertindak sebagai anti-inflamasi pada kelenjar minyak yang menyebabkan jerawat.

5. Obati luka di kulit atau wajah

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai antiseptik lantaran mengandung enam agen termasuk asam salisilatfenol, dan sulfur yang diketahui membantu menghambat jamur, bakteri, dan virus.

Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, dengan menciptakan antibodi yang dapat digunakan sistem kekebalan untuk melawan virus.

6. Memperlambat tanda-tanda penuaan 

Manfaat lidah buaya untuk wajah yakni dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Lidah buaya merangsang aktivitas fibroblast yang meningkatkan produksi kolagen dan serat elastin yang memperlambat munculnya keriput di kulit dan menjadikannya lebih elastis.

Sementara itu, kandungan seng dalam lidah buaya bertindak sebagai astringent untuk mengencangkan pori-pori dan antioksidan. Lalu, vitamin C dan E membantu mencegah pembentukan radikal bebas.

7. Mencegah bintik hitam di kulit

Gel dalam lidah buaya mencegah tirosinase, enzim yang bertanggung jawab untuk perubahan warna kulit. Kandungan gel dalam lidah buaya menekan hiperpigmentasi yang diinduksi UV akibat sengatan sinar matahari.

Mekanisme ini juga dapat membantu mencegah munculnya bintik hitam di kulit. Sedangkan berbagai kandungan antioksidan seperti glutathione peroxide dapat memudarkan kerusakan kulit yang sudah terbentuk akibat sinar matahari.

8. Eksfoliasi ringan

Kandungan asam salisilat dalam lidah buaya juga berfungsi sebagai exfoliator yakni membantu mengelupas sel kulit mati dengan lembut. Lidah buaya juga mengandung lignin, zat yang dapat meningkatkan efek penetrasi bahan lain ke dalam kulit.

BACA JUGA :  Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Biotin Berlebihan

Kandungan Lidah Buaya Untuk Wajah

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk wajah?

Ambil daun lidah buaya dan didihkan di dalam air selama beberapa menit. Tambahkan madu dan campurkan. Oleskan losion ini pada kulit sebagai masker (usapkan secara lembut saat menerapkannya). Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air dingin.

Apakah boleh memakai lidah buaya setiap hari untuk wajah?

Untuk mendapatkan hasil optimal, gunakan masker lidah buaya setiap dua atau tiga hari sekali. Apabila kamu memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya jangan langsung mengaplikasikan masker lidah buaya pada wajah.

Berapa menit maskeran lidah buaya?

Ini cara membuat masker lidah buaya untuk menutrisi kulit. Campurkan madu, susu, dan gel lidah buaya ke dalam wadah dan aduk hingga rata. Bilas wajah dan leher dengan air hangat sebelum mengaplikasikan masker. Diamkan selama masker selama 15 menit.

Apakah lidah buaya bisa membuat wajah glowing?

Banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk mendapatkan wajah glowing loh, salah satunya menggunakan racikan lidah buaya. Lidah buaya untuk wajah glowing bisa ditambahkan dengan beberapa bahan lain agar manfaatnya lebih baik untuk wajah. Lidah buaya berfungsi sebagai pelembab yang bagus untuk kulit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *