banner 728x250

Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Biotin Berlebihan

  • Bagikan
Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Biotin
Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Biotin

HITAM PUTIH – Konsumsi biotin 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Hindari mengonsumsi produk susu, teh, atau kopi, 2 jam sebelum atau sesudah mengonsumsi biotin, agar tidak mengganggu efektivitas obat.

Biotin adalah vitamin yang berperan dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak, serta dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, hati, dan sistem saraf.

Selain beberapa peran di atas, biotin juga merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Biotin dikenal juga dengan nama vitamin B7 atau vitamin H.

Secara alami, kebutuhan akan biotin bisa dipenuhi dengan rutin mengonsumsi telur yang sudah dimasak dengan matang, hati sapi matang, atau ikan salmon. Namun, pada beberapa kondisi, seperti merokok, malnutrisi, kecanduan alkohol, atau sedang hamil dan menyusui, bisa terjadi kekurangan biotin.

Kekurangan biotin bisa ditandai dengan rambut yang tipis, adanya ruam kemerahan di sekitar mata, hidung, dan mulut, atau kesemutan. Suplemen biotin bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan biotin pada kondisi-kondisi tersebut.

Manfaat biotin Puritan 10000 mcg. Biotin juga dipercaya mampu mengatasi beberapa kondisi, seperti alopecia areata, kuku rapuh, atau nyeri pada neuropati diabetik. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas pemberian biotin pada kondisi-kondisi tersebut.

Merek dagang biotin: Cernevit, Nephrovit FE, Pehavral, Soluvit N, Vivena-9

Apa Itu Biotin

GolonganObat bebas
KategoriSuplemen vitamin
ManfaatMencegah dan menangani kekurangan biotin
Dikonsumsi olehDewasa dan anak-anak.
Biotin untuk ibu hamil dan menyusuiKategori N: Belum dikategorikan.Belum diketahui apakah biotin dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.
Bentuk obatTablet salut selaput dan suntik

Peringatan Sebelum Menggunakan Biotin

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan biotin, yaitu:

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki. Suplemen biotin tidak boleh diberikan kepada seseorang yang alergi terhadap obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menderita penyakit ginjal atau pernah menjalani operasi pada organ atau sistem pencernaan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal.
  • Beri tahu dokter jika Anda merokok, karena orang yang merokok biasanya memiliki kadar biotin yang rendah.
  • Beri tahu dokter bahwa Anda sedang menggunakan biotin sebelum melakukan tes darah, karena biotin dapat menyebabkan kesalahan pada hasil tes darah.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah menggunakan biotin.

Dosis dan Aturan Pakai Biotin  

Dosis biotin dapat berbeda pada tiap pasien sesuai usia dan kondisi kesehatannya. Dosis yang dianjurkan untuk menangani kekurangan biotin adalah 10 mg per hari. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda dialami.

Manfaat biotin puritan 10000 mcg

Biotin belum memiliki angka kecukupan gizi (AKG) harian yang tetap. Namun, ada batas asupan harian yang direkomendasikan untuk biotin, yaitu:

  • Usia di atas 10 tahun dan dewasa: 30–100 mcg/hari
  • Usia 7–10 tahun: 30 mcg per hari
  • Usia 4–6 tahun: 25 mcg per hari
  • Usia 0–3 tahun: 10–20 mcg per hari

Efek samping biotin jangka panjang

Jika digunakan sesuai dosis yang direkomendasikan, suplemen biotin umumnya tidak menyebabkan efek samping. Namun, ada beberapa efek samping ringan yang dapat terjadi, yaitu mual, sakit perut, atau diare.

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping yang disebutkan di atas tidak kunjung mereda atau justru semakin memberat. Anda juga harus segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi setelah menggunakan suplemen biotin.

Efek samping biotin 10.000 mcg

amankah konsumsi dosis biotin 10000mcg sehari untuk terapi rambut rontok dan mengatasi alopecia pada wanita? atau untuk menumbuhkan brewok bagi pria?

Efek samping konsumsi biotin dosis tinggi yaitu dapat memengaruhi beberapa hasil pemeriksaan laboratorium. Biasanya pada individu yang rutin mendapatkan biotin dosis tinggi, konsumsi dapat ditunda selama beberapa hari sebelum pemeriksaan untuk menghindari kemungkinan kerancuan hasi

PerihalDeskripsi
KelasVitamin dan Mineral[6]
Subkelas
AksesDijual bebas
Wanita hamilTidak ada studi/informasi yang akurat mengenai keamanan penggunaan biotin pada wanita hamil[7]
Wanita menyusuiBiotin diekskresikan dan dapat dideteksi di ASI[7]
Anak-anak dan infant Konsumsi biotin untuk tujuan suplementasi pada anak dan infant didasarkan pada panduan Angka Kecukupan Gizi (Adequate Intake)[7,8]
FDAApproved[9]

Berdasarkan AKG, dosis kecukupan biotin untuk dewasa adalah 30 mcg/hari. Efek samping biotin jarang ditemukan dan dilaporkan. Beberapa penelitian mempelajari bahwa tidak terjadi toksisitas pada pemakaian biotin dosis tinggi 10-50 mg/hari hingga 200 mg/hari. Sebaiknya tetap dilakukan pengawasan klinis pada pemberian biotin dosis tinggi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *