judul gambar

Ragam Manfaat Daun Sukun dan Efek Sampingnya

  • Bagikan
Ragam Manfaat Daun Sukun dan Efek Sampingnya
Ragam Manfaat Daun Sukun dan Efek Sampingnya

HITAM PUTIH – Tanaman sukun mungkin sudah sangat familier bagi masyarakat Indonesia. Daun sukun dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain buahnya yang kerap diolah menjadi keripik atau gorengan, daun sukun juga bisa diolah dan digunakan sebagai obat herbal.

Daun sukun bermanfaat sebagai obat herbal karena memiliki kandungan senyawa seperti polifenol, falvonoid, kalium, riboflavin, tanin, asam amino esensial, sitosterol, dan asetilkolin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, daun sukun memiliki senyawa ortoindonesionin dan querticetin yang merupakan turunan senyawa flavonoid.

Sukun merupakan tumbuhan berbunga dalam keluarga mulberry dan nangka. Sukun banyak ditemui di daerah Asia Tenggara, India Selatan, dan sebagian besar pulau di Samudra Pasifik.

BACA JUGA :  Benarkah Air Kelapa Bisa Redakan Efek Samping Vaksin? Ini Kata Dokter

Sukun dapat tumbuh dengan subur di lingkungan tropis Indonesia. Untuk mendapatkan manfaat dari daun sukun, Anda bisa mengeringkan terlebih dahulu dan diolah menjadi teh.

Beraneka ragam manfaat daun sukun untuk kesehatan, terutama dijadikan obat berbagai macam penyakit. Daun sukun diklaim bisa mengobati masalah penyakit ginjal, diabetes serta jantung, dan menjadi alternatif penyembuhan berbagai gangguan kesehatan tanpa biaya mahal.

Berikut manfaat daun sukun bagi kesehatan yang belum diketahui banyak orang.

1. Menyembuhkan luka

Manfaat daun sukun yang pertama, yaitu dapat menyembuhkan luka. Daun sukun dapat digunakan sebagai obat penyembuh luka karena sifat antioksidan yang di dalamnya.

Daun sukun kaya senyawa polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid. Kandungan ini membantu proses penyembuhan luka menjadi makin cepat.

BACA JUGA :  Pertolongan Pertama Sesak Napas pada Pasien Covid-19

Selain sifat antioksidan, daun sukun juga memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang berguna mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Bantu mengatasi gagal ginjal

Mengonsumsi teh daun sukun dipercaya apat membantu mengoptimalkan kerja ginjal dengan bertindak sebagai diuretik. Gagal ginjal terjadi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah.

Penderita gagal ginjal harus melakukan hemodialisis secara teratur. Hemodialisis memiliki beberapa efek yang tidak diinginkan seperti hipotensi, kelelahan, infeksi, dan sepsis.

Penyakit gagal ginjal terjadi ketika fungsi ginjal untuk menyaring limbah dari darah mengalami kerusakan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *