banner 728x250

Cara Menyambung Kabel Charger 4 Warna

  • Bagikan
Apa yang dimaksud dengan port USB Type C

HITAM PUTIH – cara menyambung kabel usb 4 warna – Kabel USB charger pasti tidak asing lagi bagi pengguna gadget. Komponen kabel untuk isi ulang smartphone, atau untuk menyambung perangkat komputer ini umumnya rusak karena aliran terputus. Bagi Anda yang ingin mencoba perbaiki, simak informasi mengenai cara perbaiki dan urutan warna kabel USB charger berikut ini.

Skema Rangkaian Dari Kabel USB

kabel USB memiliki dua jenis kepala yang memiliki fungsi yang berbeda. Jenis kepala atau ujung dari kabel segala umat ini biasanya disebut sebagai USB Cewek atau USB Cowok.

Yang membedakan tentunya adalah fungsinya. Umumnya USB Cowok akan dicolokkan pada suatu perangkat. Namun USB Cewek merupakan plug atau ujung yang bisa dicolokkan dan dihubungkan dengan USB cowok lain.

Untuk USB charger smartphone sendiri, biasanya hanya dilengkapi dengan USB cowok bergantung jenis plug perangkat. Seperti USB C, USB 2, USB 3, atau bahkan microUSB. Yang membedakan adalah ketipisan bentuk dari kepala itu sendiri.

Baca juga: Cara Bedakan Charger Ori atau KW Semua Merk

Tidak hanya itu saja, USB type A, Micro USB, dan jenis lainnya juga memiliki urutan warna kabel yang berbeda. Karena itulah Anda perlu memahami urutan warna kabel USB charger sebelum melakukan modifikasi atau perbaikan. Pada rangkaian kabel tersebut terdiri dari VCC merah, D- putih, D+ Hijau, dan GND hitam.

Perbedaan warna dan juga sinyal yang diberikan oleh setiap rangkaian kabel tersebut akan bervariasi pada setiap tipe USB. Hal tersebut terbukti dengan penggunaan jalur nomor pada rangkaian.

Cara Menyambung Dua Tipe USB yang Berbeda

Skema USB Hub 4 port
Skema USB Hub 4 port

Salah satu hal yang paling banyak dilakukan adalah menyambung dua tipe USB yang berbeda. Sebagai contoh, Anda perlu mengetahui bahwa micro USB memiliki tambahan aliran bernama Sense yang mana tidak ada di USB A.

Lalu apa yang harus dilakukan? Maka ketahui urutan warna kabel USB charger, sambungkan dengan jalur yang tepat, dan abaikan kabel sense.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jalur. Untuk micro USB, urutan kabelnya adalah VCC merah, D- biru, D+ hijau, Sense, dan GND hitam. Jalur yang digunakan oleh USB (A) justru kebalikan dari Micro USB, yang mana dimulai dari GND, D+, D-, dan juga VCC. Karena itulah Anda harus bisa menyambungkan urutan kabel dengan benar.

Memodifikasi Kabel USB Agar Semakin Panjang

Anda juga harus tahu tentang jalur negatif dan positif. Umumnya jalur positif akan dipasang pada sisi kanan, sedangkan jalur negatif di sebelah kiri. untuk memodifikasi kabel, pastikan Anda telah memasang urutan warna kabel USB charger dengan benar, begitu pula dengan posisi jalur positif negatif. Sebagai informasi, semakin panjang kabel maka akan semakin voltase kabel.

Sebenarnya, memodifikasi atau memperbaiki kabel USB dianggap susah susah gampang. Apalagi mengingat komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting dan berkarakter unik pada setiap serinya. Yang paling penting adalah mengetahui rangkaian dan urutan warna kabel. Hal tersebut dikarenakan setiap alirannya memiliki fungsi yang berbeda.

Cara mengetahui kabel positif dan negatif pada USB Warna Kabel Positif Dan Negatif Pada Kabel Usb.

Apa yang dimaksud dengan port USB Type C

USB Type-C digunakan untuk perangkat mobile, seperti Android dan laptop. Kemampuan mengisi daya baterai dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain dapat dilakukan dengan sangat cepat. Micro USB memiliki bentuk lebar dan pipih yang terpasang di beragam tipe smartphone.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *