judul gambar

Covid-19 di Kluster Penyelenggara PON Papua Ditemukan 29 Kasus

  • Bagikan
Covid-19 di Kluster Penyelenggara PON Papua Ditemukan 29 Kasus
Petugas memeriksa tekanan darah calon penonton pertandingan PON XX Papua 2021 sebelum divaksin Covid-19 di kompleks stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). Penonton yang hadir di arena pertandingan PON XX Papua harus sudah divaksin Covid-19 dosis kedua. Jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan PON XX Papua 2021 secara langsung dibatasi sebanyak 25 dari kapasitas venue.

HITAM PUTIH, JAYAPURA – Terdapat 29 kasus Covid-19 di empat kluster Pekan Olahraga Nasional Papua 2021. Satu orang telah dinyatakan sembuh dan 28 orang masih menjalani perawatan di tempat isolasi terpusat.

Juru Bicara Satgas Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule di Jayapura pada Selasa (5/10/2021) memaparkan, 29 orang yang terpapar terdiri dari atlet, ofisial dan panitia pelaksana pertandingan. 29 kasus ini tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Diketahui dari data Satgas Covid-19 di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, terdapat 19 atlet yang terpapar Covid. Sementara 10 orang lainnya adalah ofisial dan panpel pertandingan.

Para atlet yang terpapar Covid berasal dari sejumlah provinsi yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Saat ini seorang atlet telah sembuh.

BACA JUGA :  Jebol Tembok Minimarket, Pencuri Gasak Uang Rp849 Juta di ATM

“Para atlet yang terpapar Covid berasal dari sejumlah provinsi yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Saat ini seorang atlet telah sembuh, ” papar Silwanus.

Ia menuturkan, atlet berserta ofisial dan panpel pertandingan dalam kondisi sehat. Sebab, mereka hanya mengalami gejala ringan dan bahkan tanpa gejala.

Adapun 27 orang yang masih terpapar Covid-19 menjalani karantina terpusat di dua kapal milik Pelni dan sejumlah rumah sakit yang telah ditentukan oleh Panitia Besar PON Papua 2021. Sementara satu orang menjalani isolasi mandiri di sebuah ruangan yang khusus.

“Semua yang terpapar Covid-19 telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua. Hal inilah berdampak mereka sama sekali tidak mengalami gejala berat saat terpapar Covid-19, ” tuturnya.

BACA JUGA :  Jokowi Minta Vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten Dipercepat

Ia pun menyatakan Satgas Penanganan Covid-19 di empat kluster ini akan memperketat protokol kesehatan di setiap arena pertandingan. Warga yang hendak menonton pertandingan wajib menunjukkan sertifikat vaksin dan surat bebas Covid-19 dari pemeriksaan rapid antigen.

“Kami membatasi warga yang memasuki arena khususnya di dalam ruangan. Panitia akan menyiapkan videotron untuk warga yang tidak diizinkan masuk ke dalam arena, ” tambahnya.

Berdasarkan data terakhir Satgas Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua,

masih terdapat kasus aktif Covid-19 di empat kluster pelaksana PON Papua 2021, yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Mimika dan Merauke.

Di Kabupaten Jayapura 7 kasus aktif Covid-19 dan Kota Jayapura masih terdapat 33 kasus aktif. Sementara jumlah kasus aktif Covid-19 di Mimika sebanyak 44 kasus dan Merauke 46 kasus aktif.

BACA JUGA :  Indonesia Kirim 3.400 Tabung Gas Oksigen ke India
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *