iklan=

Ciri-ciri Ayam Bangkok Asli F1 Jawara

  • Bagikan
Ciri Ayam Bangkok Asli F1
Ciri Ayam Bangkok Asli F1

Ayam bangkok asli Thailand harganya menjadi sangat mahal, ditaksir hingga mencapai jutaan rupiah.

Ayam Aduan
Ayam Aduan

Para penghobi ayam aduan umumnya tidak menjadikan masalah asalkan ayam tersebut merupakan ayam bangkok asli berkelas dan bisa dijadikan sebagai indukan untuk menghasilkan anakan ayam bangkok berkualitas juara.

Struktur Tulang

Jangan terlalu percaya dengan melihat saja, pastikan Anda memegang ayam pilihan Anda ketika hendak membeli, ayam bangkok asli struktur tulang atau tulangnya akan terasa lebih padat, karena pemberian pakan mineral, terutama kalsium dan fosfor yang baik.

Dengan suplai mineral yang baik, pembentukan tulang sejak anakan ayam akan semakin baik dan sempurna saat nantinya ayam mencapai usia dewasa. Hal ini akan menjadi nilai lebih dari pada ayam lokal.

Warna Pangkal Bulu

Ayam bangkok asli mempunyai tanda khusus yang berbeda dengan ayam bangkok lokal. Ayam bangkok asli mempunyai warna kekuning-kuningan di pangkal bulu dan permukaan kulitnya.

Warna tersebut terdapat di semua bagian bulu, baik bagian perut, bagian punggung, bagian sayap, bagian leher, maupun bagian kaki. Warna ini disebut dengan nama khemine.

Khemine digunakan untuk merawat kulit dan bulu ayam bangkok, sehingga bulu tidak mudah rontok. Selain itu, khemine juga berfungsi sebagai anti kutu.

Mental Bertarung

Ayam bangkok memang tipe ayam petarung, ayam tidak mudah mengalah dan tidak kenal rasa takut bahkan ayam bangkok seringkali bertarung sampai mati.

Gaya Tarung

Pada dasarnya terlihat empat gaya bertarung yang sering dilakukan ayam bangkok, yaitu: teknik kontrol, teknik kunci, teknik bongkar singkap sayap dan teknik berlari.

Teknik yang paling disukai para penghobi sabung ayam adalah teknik kunci dan teknik kontrol. Ayam bangkok yang memiliki teknik berlari sangat jarang. Dalam teknik berlari, ayam akan menyerang terus sampai lawannya kalah atau menyerah.

Warna Ayam Bangkok

Ayam bangkok selain sebagai ayam aduan, juga sangat menarik untuk dipelihara karena ayam ini memiliki warna yang beragam, dan tidak sedikit yang mengoleksi ayam bangkok justru karena warnanya yang menarik.

Berikut jenis ayam bangkok dikategorikan dari warna yang dimilikinya:

Warna Wiring

Bulu ayam bangkok dengan warna wiring adalah jenis ayam bangkok jantan yang paling digemari dan bagi penghobi ayam, warna ini adalah warna ayam bangkok yang berkelas.

Warna wiring ini terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan.

Ayam bangkok dengan warna rawis kuning keemasan yang dominan disebut seringnya disebut wiring kuning dan jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut wiring galih.

Warna wangkas

Ayam bangkok jenis ini memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut wangkas emas dan jika warna lebih gelap kemerahan disebut dengan wangkas geni.

Warna Klawu

Ayam bangkok jenis ini memiliki warna dasar abu-abu, jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan klawu kethek dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut klawu geni.

Warna Blorok

Jenis ayam bangkok ini memiliki bulu dengan warna totol-totol dan merupakan kumpulan dari berbagai warna. Warnak blorok yang sederhana biasanya hanya terdiri dari warna dasar putih bertotol hitam dengan rawis berwarna merah.

Namun warna blorok akan dianggap istimewa jika kombinasi warna dasarnya lengkap, yaitu putih, hitam, merah dan hijau dengan rawis putih kemerahan, dan seringnya jenis tersebut disebut blorok madu.

Warna Jragem

Ayam Bangkok jenis ini memiliki warna dan rawis hitam lebih dominan. Jika kulit tubuh, paruh, mata serta sisiknya hitam semua, ayam jenis ini disebut cemani, akan tetapi jenis ini sangat jarang terjadi kecuali adanya perkawinan silang dengan ayam kampung jenis cemani.

Warna Jali

Ayam bangkok jenis ini memiliki warna campuran beberapa warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil.

Jenis ini pun termasuk jenis bangkok yang langka sehingga banyak penghobi ayam bangkok yang berburu jenis ini.

Warna Putih

Jika ayam bangkok jenis ini memiliki warna bulu putih baik warna dasar maupun waris lebih sering disebut ayam bangkok putih seta.

Pengetahuan mengenai ciri-ciri fisik ayam bangkok asli F1 menjadi masalah bagi para pemula ayam aduan untuk memulai usaha budidaya ayam bangkok.

Ayam bangkok lokal atau ayam bangkok asli dapat dibedakan menjadi beberapa ciri asalkan mereka ingin mempelajari serta memperhatikan dengan seksama kesalahan dalam pemilihan ayam bangkok asli yang akan dijadikan indukan bisa sedikit dihindari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *