Rabu, Maret 3, 2021
Beranda Jurnalistik Tips Menulis Berita Online yang Benar dan Enak di Baca

Tips Menulis Berita Online yang Benar dan Enak di Baca

JURNALISTIK, HITAM PUTIH – Penulisan berita yang baik dan benar merupakan modal utama bagi seorang wartawan atau penulis berita. Sehingga reportase yang ingin ia sampaikan benar-benar dapat ditangkap oleh para pembaca atau pendengar dengan baik.

Berita merupakan reportase (laporan) peristiwa yang bersifat fakta ataupun opini yang aktual menarik dan penting. Berita yang baik haruslah memperhatikan unsur-unsur penyusunan berita yang sering disebut dengan 5W + 1H.

Unsur-unsur Berita

Berita yang baik harus memperhatikan rumus 5W + 1H, yaitu:

What/apa ?

Maksudnya peristiwa apa yang terjadi?

Who/siapa?

Maksudnya siapa orang yang terlibat dalam peristiwa itu ?

Where/ di mana?

Maksudnya di mana terjadi peristiwa itu ?

When/ kapan ?

Maksudnya kapan terjadi peristiwa itu ?

Why/mengapa?

Maksudnya mengapa bisa terjadi ?

How/bagaima?

Maksudnya bagaimana kejadian itu berlangsung?

Cara Membuat Berita yang Baik dan Benar

Cara membuat berita yang baik dan benar tentu perlu di perhatikan. Sebab berita yang pada nantinya dimuat di media massa akan memiliki peran yang sangat penting sehingga menjadi sumber informasi untuk masyarakat.

Perhatikan Headline (Judul Berita)

Cara membuat judul berita yang baik dan benar. Dalam membuat berita, salah satu yang sangat penting untuk menjadi perhatian adalah judul atau headline berita. Hal tersebut lantaran judul merupakan perwakilan dari seluruh isi berita yang akan disampaikan pada nantinya.

Untuk membuat judul berita dapat dikatakan gampang-gampang sulit, karena Anda tidak boleh membuat judul yang terlalu panjang dan usahakan sesingkat mungkin namun tetap mewakili seluruh isi berita. Tak hanya itu, Anda juga harus membuat judul berita Anda semenarik mungkin agar membuat masyarakat tertarik.

Baca juga: Berita Online di Banten, Media Online Banten Terpercaya

BERITA TERKAIT UNGGULAN