Cara Mengusir Nyamuk di Kandang Ayam

  • Bagikan
Ciri Ayam Bangkok Asli F1
Ciri Ayam Bangkok Asli F1

HITAM PUTIH – Para peternak ayam resah. Pemicunya nyamuk yang menyerang hewan ternak mereka hingga sampai meregang nyawa. Serangan nyamuk pada kandang ayam tidak peduli kandang itu bersih nyamuk tetap saja banyak berkerumun di kandang dan mengigit ayam peliharaan kita. namun shabat peternak tidak usah khawatir karena hitamputih.co.id akan memberikan tips cara mengusir nyamuk pada kandang ayam.

Ukuran nyamuk tersebut tidak jauh berbeda dengan nyamuk biasa. Tapi jika hinggap di tubuh dan menggigit dia akan lengket, nyamuk tidak mau diusir. Gigitannya juga sakit melebihi gigitan nyamuk biasa. Biasanya, nyamuk mulai menyerang menjelang malam hari.

Cara mengusir nyamuk dari kandang ayam anda bisa lakukan dengan cara sebagai berikut

1. Lakukan Pengasapan pada area kandang

Sahabat peternak ayam bisa melakukan pengasapan dengan cara membakar sampah diarea kandang, atau anda bisa membakar dedak di bawah kandang dengan pengasapan ini nyamuk-nyamuk nakal akan pergi dari area kandang. namun hal ini tidak berlangsung lama karena setelah besoknya nyamuk akan datang kembali, solusinya supaya ayam tetap terlindung dari nyamuk hal ini bisa dilakukan setiap malam.

BACA JUGA :  Ciri-ciri Ayam Bangkok Asli F1 Jawara

2. Pasang Kelambu pada kandang ayam

Nah cara memasang kelambu pada kandang ayam ini adalah cara yang paling aman, karena ayam tidak terkena asap pembakaran seperti yang di laukan cara di atas.

3. Gunakan Obat nyamuk Semprot,  Obat nyamuk untuk Ayam Bangkok

Menggunakan Penyemprotan anti nyamuk seperti baygon, hit, insektisida. tapi jangan sampai terkena ayam ya, baiknya keluarkan ayam dari kandang terlebih dahulu karena kandungan obat nyamuk semprot yang sering digunakan adalah golongan organofosfat yang merupakan insektisida (pembunuh serangga).

Tips yang harus di lakunan agar nyamuk tidak betah di kandang ayam

  • Mencegah adanya genangan air yang terbuka, misalnya menutup bak penampungan air, ember dan sebagainya

  • Jika di area kandang terdapat kolam, masukkan ikan yang suka memakan jentik-jentik nyamuk, misalnya gurami dan nila

  • Lakukan pemotongan rumput liar, penguburan barang-barang atau kaleng bekas dan lakukan pembersihan selokan secara rutin

  • Saat istirahat kandang (kosong kandang) lakukan (penyemprotan) insektisida di area sekitar kandang. Namun perhatikan dosis pemakaian dan keamanannya, karena insektisida bersifat racun bagi ayam ataupun manusia.

  • Sedangkan pada saat ada ayam sebaiknya gunakan cara tradisional yaitu dengan minyak serai yang dilarutkan ke dalam air (10 tetes/liter), kemudian disemprot dengan sprayer di sekitar kandang. Cara ini harus sering dilakukan agar nyamuk tidak mendekat di area kandang

  • Melakukan prosedur penyemprotan insektisida dengan benar : Gunakan alat pengaman : masker, sarung tangan dan baju lengan panjang, Penyemprotan dilakukan saat terjadi aliran udara naik (sekitar pukul 08.00-10.00 atau 15.00 – 18.00)

BACA JUGA :  Perawatan Bulu Ayam Aduan Supaya Tidak Mudah Patah

Cara Mengobati Ayam Digigit Nyamuk

1. Pemberian Minyak Tawon

Cara yang lainnya adalah dengan mengobati pertolongan pertama berupa pengolesan minyak tawon. Cara memberikannya yanki dengan media cotton bad atau kapas yang telah di beri minyak tawon. Kemudian oleskan pada tubuh Ayam anda. Nyamuk sangat tidak menyukai aroma minyak tawon, jadi mungkin bisa mencobanya.

2. Berikan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mempunyai khasiat yang tidak jauh berbeda dengan minyak tawon. Bahkan cara memberikannya juga sama, yakni dengan menggunakan kapas dan oleskan pada tubuhnya. Minyak kayu putih mempunyai aroma khas yang sangat di benci oleh nyamuk, jadi anda bisa memberikannya agar Ayam tidak terganggu oleh gigitannya.

BACA JUGA :  Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Berak Hijau | Perawatan Unggas

3. Pemberian Krim

Selain dari lima cara di atas, anda bisa juga dengan mengoleskan krim untuk mengatasi luka akibat gigitan nyamuk lantaran gatal layaknya BirdCream. Penggunaan krim tersebut sangat ampuh sekali dalam menangani gatal gigitan nyamuk. Caranya adalah, oleskan krim tersebut setiap harinya terutama pada malam hari. Dengan begitu nyamuk tidak akan berani mendekati Ayam anda apalagi menggigit.

Apabila Ayam anda stres, maka usahakan mencarikan pasangan. Jika yang anda miliki betina maka carikan yang jantan dan sebaliknya. Cara ini yang cukup ampuh mengobati stres Ayam itu sendiri. Biasanya Ayam yang stres lantaran ingin kawin, nah caranya dengan mendekatkan dengan jenis kelamin berbeda tetapi tetap pada kandang masing-masing.

Baca juga: Ramuan Jamu Herbal Atasi Penyakit Ayam di Musim Hujan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *