iklan=

Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Berak Hijau | Perawatan Unggas

  • Bagikan
Mengobati Ayam Berak Hijau
Mengobati Ayam Berak Hijau

HITAM PUTIH – engapa kotoran ayam menjadi hijau encer, Perubahan bentuk, bau dan warna feses ayam merupakan indikasi adanya perubahan pada sistem pencernaan dan kesehatan ayam. Feses ayam yang normal berwarna kehijauan atau kecoklatan, solid/liat, dengan diselimuti bagian putih asam urat pada bagian atas.

Penyakit berak hijau pada ayam baik ayam aduan, ayam boiler, ayam pedaging, dan ayam petelur dan juga ayam kampung. Penyebab penyakit berak hijau pada ayam di sebabkan oleh beberapa jenis bakteri yang membahayakan kesehatan ayam, antara lain bakteri Pasteurella Multocida dan Salmonella Pullorum

Stres

Feses yang encer biasanya merupakan akibat adanya heat stress (stres akibat suhu lingkungan terlalu tinggi), pada saat kondisi kandang panas kebutuhan air meningkat tajam. Apabila dalam suhu normal perbandingan kebutuhan air : pakan adalah 2 : 1, sedangkan pada kondisi panas dapat mencapai 5 : 1. Ayam secara alami akan menambah konsumsi minumnya untuk menurunkan suhu tubuh. Efek yang dapat ditimbulkan dari hal ini adalah feses menjadi lebih berair.

Gangguan nutrisi

Tingginya kadar protein dan garam dalam pakan dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga feses menjadi lebih basah. Kadar garam yang tinggi akan memicu peningkatan konsumsi air sehingga ayam menjadi diare. Demikian halnya dengan kadar protein yang terlalu tinggi, sisa protein yang tidak tercerna dapat menyebabkan timbunan asam urat dalam ginjal yang memicu ayam minum lebih banyak.

Infeksi penyakit

Infeksi penyakit pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri, virus, maupun parasit dapat menampakkan adanya gejala diare. Contoh penyakit yang dapat memunculkan gejala diare antara lain NE, colibacillosis, salmonellosis, kolera dan penyakit viral terutama yang bersifat imunosupresif seperti AI, Gumboro, IB, ND, dll. Sedangkan infeksi parasit cacing, koksidiosis, dan Leucocytozoonosis juga menyebabkan diare. Diare yang ditimbulkan dari masing-masing penyakit ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Cara Mengobati Berak Hijau Pada Ayam :

  • Pisahkan ayam yang terkena penyakit berak hijau dalam kandang khusus untuk menghindari penularan pada ayam lain yang sehat.
  • Berikan pakan yang mudah di cerna ayam yang tidak mudah busuk, hindari pemberian makanan yang berasal dari voer atau bekatul karena makanan jenis itu mudah busuk dalam tembolok ayam dan akan membuat kondisi ayam semakin memburuk.
  • Ayam yang terkena penyakit berak hijau dapat di suntik dengan menggunakan Medoxy-l sesuai dosisnya dan penyuntikan di ulang dalam selang tiga hari. Atau dapat juga berikan obat berupa serbuk dan dicampur dengan minuman

Cara pengobatan penyakit berak hijau pada ayam merupakan obat yang cukup ampuh untuk menyembuhkan ayam yang terkena penyakit berak hijau. Selain obat suntik seperti diatas juga ada jenis obat antibiotik yang juga biasa digunakan oleh peternak ayam, antara lain coccilin, furozolidon, noxal, ampicol dan juga Koleridin

Berak hijau sangat berbahaya bagi ayam apalagi pada pergantian musim penghujan dimana ayam akan lebih mudah terserang penyakit seperti ini. Karena itu cegahlah dengan selalu menjaga kebersihan kandang dan menjaga hewan lain masuk dalam kandang.

Baca juga : Ramuan Jamu Herbal Atasi Penyakit Ayam

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *