Arti Pamali dalam Masyarakat Indonesia

  • Bagikan
Sejarah Kerajaan Demak
Sejarah Kerajaan Demak

HITAMPUTIH.CO.ID – Arti pamali dalam islam?, Pamali merupakan bahasa lisan yang isinya berupa larangan atau pantangan. Menurut sebagian masyarakat pamali dianggap sebagai mitos karena kehadirannya diyakini sebagai suatu kepercayaan turun temurun yang bersifat sakral yang tidak boleh dilanggar. karena apabila dilanggar maka berakibat buruk.

Ungkapan pamali ini mengandung nilai karakter disiplin.

Nilai karakter disiplin artinya tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

Contoh pamali

Makanya ungkapan pamali di atas melarang seseorang duduk di depan pintu karena akan membuat orang yang keluar masuk rumah merasa terganggu karena jalan mereka terganggu. Sebagai tradisi lisan yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat.

BACA JUGA :  Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Jepang

ungkapan pamali mencerminkan sikap dan pandangan masyarakat tersebut.

Ada dua hal yang tercermin dalam pengungkapan maksud dengan ungkapan pamali yang
sering digunakan oleh masyarakat.

Pertama, Indonesia adalah masyarakat yang mengutamakan kesopanan dan kesatuan dalam menyampaikan maksud. Larangan tidak disampaikan secara langsung, tetapi dalam bentuk ungkapan lain yaitu kata pamali yang bermakna tabu. Larangan dengan istilah pamali dimaksudkan agar penerima pesan tidak merasa didikte atau digurui.

Kedua, penggunaan pamali sebagai media pembentukan karakter terutama yang berkenaan denga nilai karakter religius, toleransi, disiplin, dan peduli sosial.

Pengungkapan secara sederhana dengan bahasa yang singkat tetapi syarat makna. Orang cenderung mudah memahai dan mengingat pesan yang disampaikan secara singkat dibandingkan dengan penyampaian yang panjang lebar.

BACA JUGA :  Makalah Sejarah Pencak Silat Bandrong Banten

Dengan demikian inti dari pesan sebagai bentuk penanaman nilai karakter akan mudah tercapai. Dengan demikian, melalui kajian antropologi budaya akan ditemukan fakta-fakta yang berkaitan dengan permasalahan dan perkembangan kebudayaan dan segi-segi kebudayaan manusia dalam masyarakat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *